Pengertian Motor
Repulsi
Motor Repulsi adalah salah satu jenis
motor listrik satu fasa. Motor repulsi mempunyai dua buah kumparan yaitu kumparan
medan stator dan kumparan rotor.
Diantara kedua kumparan tersebut adalah tidak mempunyai hubungan galvanis
antara satu sama lainnya. Konstruksi rotornya hampir sama dengan rotor motor
arus searah/DC. Motor repulsi mempunyai
sebuah belitan stator yang diatur untuk hubungan ke sumber tegangan dan sebuah
belitan rotor yang dihubungkan ke sebuah komutator. Secara prinsip motor listrik ini mempunyai
belitan stator sama seperti jenis – jenis motor satu fasa, tetapi mempunyai
rotor seperti rotor motor arus searah,
dengan sikat – sikat yang berlawanan pada jangkar yang dihubung singkatkan.
Sikat (brush) dihubungsingkatkan secara permanent. Kumparan stator dihubungkan
dengan sumber arus bolak balik, sehingga mengalir arus pada stator, maka pada
rotor timbul tegangan induksi. Arus induksi pada rotor menimbulkan magnit.
Resultan dari kedua kutub medan dan kutub jangkar akan menyebabkan terjadinya medan putar. Medan putar ini
terjadi pada kedudukan sikat digeser dari garis netral. Garis netral adalah
letak garis sumbu sikat segaris dengan sumbu kumparan stator, yaitu garis medan
magnit rotor sama dengan statornya.
Kecepatan motor listrik dapat diatur dengan cara menggeser letak sikat
ke kiri atau ke kanan dari garis netral. Semakin besar sudut pergeseran semakin
besar perubahan kecepatan motor listrik demikian pula terhadap momen kopel dari
motor.