Sistem kendali palang pintu parkir otomatis berbasis PLC


            Sudah waktunya sebuah lahan parkir dikelola secara modern khususnya lahan parkir mobil yang memiliki pintu masuk dan pintu keluar. Cara pengelolaan secara modern itu menuntut pengemudi berpikir secara modern pula dengan  ciri memiliki disiplin yang tinggi.  Kebutuhan menjaga sebuah  lahan parkir mobil secara otomatis itu dapat dipenuhi dengan membuat program aplikasi menggunakan fasilitas yang tersedia pada PLC.  Bergantung pada kreatifitas  maka  pengguna PLC dapat mencari/ memilih fasilitas yang tepat untukmembuat program aplikasi guna menjaga sebuah lahan parkir mobil secara otomatis.
             Diantara berbagai fasilitas yang tersedia ternyata  bahwa fasilitas instruksi komparator pada PLC paling tepat untuk diterapkan dalam program aplikasi untuk kebutuhan tersebut.  Diharapkan setiap mobil yang masuk ke dalam lahan parkir memberikan masukan data “menambah”, dan setiap mobil yang meninggalkan lahan parkir  memberikan masukan data “mengurangi”.  Data hasil dari penambahan/ pengurangan itu setiap saat diolah oleh PLC menggunakan instruksi komparator untuk dibandingkan dengan data daya tampung/ kapasitas maksimum dari lahan parkir.  Hasil perbandingan data-data itu selanjutnya difungsikan  oleh PLC untuk mengoperasikan portal  dan menyalakan lampu indikator    yang  memberikan informasi kepada pengemudi tentang kondisi lahan parkir.
          Peralatan pendukung yang diperlukan yaitu sebagai berikut : dua buah sensor untuk mendeteksi mobil masuk dan mobil keluar, sebuah motor penggerak portal, dua buah kontaktor untuk membuka dan menutup portal,  dua buah  limit switch  untuk pembatas membuka dan  menutup portal, sebuah lampu indikator lahan parki penu. Kelebihan dari  instruksi program  aplikasi ini  adalah  bahwa  apabila terjadi pemadaman listrik maka instruksi program comparator  masih menyimpan  data terakhir  jumlah mobil yang berada didalam lahan parkir  ke  dalam memori  dan akan melanjutkan kembali  proses perbandingan data  sesuai dengan  status data  terakhir  ketika listrik hidup kembali sehingga tidak terjadi kesalahan. 
        Pemantauan  sebuah lahan  parkir mobil secara otomatis dapat dipercayakan kepada program  yang menggunakan instruksi komparator pada PLC (Programable Logic Controller). PLC itu dengan cermat mengolah  data dari mobil  yang  masuk dan  dari mobil  yang  keluar setiap kali menerima sinyal dari sensor-sensor yang dipasang pada pintu masuk dan pintu keluar dari lahan  parkir mobil  itu.  Sebuah sensor masuk mendeteksi setiap mobil yang masuk ke  dalam  lahan parkir dan  sebuah  sensor keluar mendeteksi setiap  mobil yang  keluar dari  lahan  parkir.  Sinyal data  yang  masuk akan menambah dan sinyal data  yang  keluar akan mengurangi. Instruksi komparator membandingkan data hasil dari penambahan/ pengurangan itu dengan data kapasitas maksimum  dari  lahan parkir.  Jika hasil perbandingan itu sama maka PLC memberi perintah kepada portal untuk menutup pintu masuk karena lahan parkir telah penuh. Jika hasil perbandingan itu belum sama maka PLC memberi perintah kepada portal untuk  tetap  membuka pintu masuk karena lahan  parkir belum penuh.